• Komunitas GHS

  • 081528525595 - 081555353377

Artikel

Home | Artikel

MANFAAT DAUN SUKUN UNTUK KESEHATAN 19 September 17

MANFAAT DAUN SUKUN UNTUK KESEHATAN

Ditulis Oleh : Admin

Sekilas Tentang Daun Sukun

 

Sukun atocarpus atilis merupakan salah satu kekayaan alam yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia dan hampir tumbuh merata di seluruh daerah. Pada tumbuhan sukun hampir semua komponen yang tumbuh dalam tumbuhan ini dapat diambil manfaatnya. Salah satunya daun sukun yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan khususnya sistem kardiovaskuler, kesehatan jantung dan ginjal.

 

Menurut berbagai penelitian yang telah banyak dilakukan oleh peneliti baik dalam maupun luar negeri, ternyata daun sukun banyak memiliki manfaat, diantaranya :

1.    Penelitian LIPI Oleh Prof. Dr. Tjandrawati M Ozef

tentang kandungan Flavonoid dalam rebusan daun sukun dapat menyembuhkan kerusakan sistem kardiovaskuler serta dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara signifikan. Selain itu daun sukun juga mampu membantu penyembuhan penderita gagal ginjal.

2.    Hasil penelitian Nublah, Sp dari Fakultas Biologi UGM menunjukkan bahwa air rebusan daun sukun paling baik dalam menurunkan kadar glukosa darah, diikuti ekstrak kloroform. Golongan senyawa yang berpotensi menurunkan kadar glukosa darah adalah senyawa fenolik, flavonoid, alkaloid, dan terpenoid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan air rebusan daun sukun oleh masyarakat sebagai obat diabetes adalah sudah benar.

 

Manfaat Teh Daun Sukun

1.    Mengatasi Hipertensi

Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun sukun sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi. Daun sukun ini dapat dikonsumsi sebagai minuman seperti teh herbal. Dalam bidang farmalogi ekstrak daun sukun telah dikenal dapat mengatasi hipertensi secara alami.

2.    Mengontrol Kolesterol

Apabila kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah di atas batas normal, hal itu bisa menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan hingga penyakit jantung. Konsumsi lemak dan protein berlebih dapat menjadi faktor utama tingginya kadar kolesterol. Teh daun sukun memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih dan menghambat penumpukan yang terjadi pada dinding pembuluh darah (aorta).

3.    Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit kronis yang penderitanya tidak mengenal umur. Gaya hidup yang tidak sehat saat ini telah menjadi faktor utama timbulnya penyakit ini. Pada teh daun sukun terdapat senyawa aktif yang disebut flavonoid dan juga sitosterol. Kedua senyawa aktif tersebut dapat memberikan efek yang positif bagi kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

4.    Baik Untuk Diabetes

Penderita diabetes biasanya akan diberi insulin agar kadar gula dalam darah tetap stabil. Teh daun sukun rupanya memiliki fungsi yang sama seperti insulin karena dapat mengurangi kadar gula darah. Menurut penelitian senyawa flavonoid pada daun sukun memiliki kemampuan melawan penyakit diabetes yang cukup efektif.

5.    Menyehatkan Ginjal

Salah satu masalah yang dapat mengganggu kerja ginjal adalah batu ginjal. Zat racun yang semakin lama semakin menumbuk dan mengeras pada ginjal dapat menjadi batu ginjal. Jika terus dibiarkan tentunya akan sangat berdampak negatif bagi tubuh. Teh daun sukun rupanya bisa menjadi salah satu solusi alami untuk masalah tersebut. Dikatakan bahwa kalium yang terdapat pada daun sukun dapat memecah batu ginjal untuk selanjutnya dibuang keluar tubuh bersama dengan urin.

6.    Mengatasi Asam Urat

Daun sukun sendiri telah sering dikaitkan dengan penyakit asam urat. Diyakini bahwa dengan meminum ekstrak daun sukun seperti halnya teh daun sukun secara rutin dapat mengobati penyakit asam urat. Minuman herbal ini juga baik untuk mengatasi efek asam urat seperti peradangan yang terjadi pada persendian.

7.    Mengobati Maag

Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan asam amino esensial yang terdapat pada daun sukun cukup efektif dalam mencegah penyakit maag. Selain itu asam lambung yang menjadi alasan terjadinya penyakit maag juga dapat distabilkan oleh kalium. Serta riboflavin (vitamin B2), tannin, serat, polifenol, asteilcolin, dan hidrosianat pada daun sukun dapat membantu mencegah penyebab terjadinya kanker di usus besar.

8.    Mencegah Kanker

Kandungan nutrisi seperti senyawa antioksidan pada daun sukun juga memiliki kemampuan membantu mencegah aktifnya sel kanker pada tubuh. Antioksidan memang telah dikenal sebagai senyawa yang aktif melawan kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Kirim Komentar